2014年2月17日月曜日

Kolam Salju 2014

Dear kokiers,

Badai salju kali ini menghampiri lagi Jepang untuk kedua kalinya. Badai salju yang pertama terjadi seminggu sebelumnya, 8 Februari 2014. Kondisi saat itu cukup parah, banyak penerbangan dalam dan luar negeri mengalami penundaan atau cancelled. Lalu lintas juga terganggu. Korban jiwa sekitar 7 orang dan 1000 orang terluka. Rata-rata korban luka karena terpleset akibat licinnya jalan, mungkin juga tertimpa runtuhan salju dari atap.

Kali ini badai salju kembali " menyapa" Jepang. Lebih parah dari badai salju yang pertama. Hujan salju mulai turun dengan cukup deras sejak tanggal 14 Februari 2014, bisa disebut " White Valentine day" di Jepang. Semua serba putih tertutup salju. Ibukota Tokyo dan wilayah sekitarnya mengalami hujan salju selama 1hari penuh, lebih dari 24 jam. Hasilnya, betul-betul menakjubkan!

Displaying DSC_2289.JPG

























sumber: dokumentasi pribadi



Di pagi hari saya langsung buka korden untuk melihat ketinggian salju sampai berapa cm. Sesaat saya shock, terdiam. Langsung tutup korden dan segera menuju pintu depan. Kokiers, saat saya membuka pintu, tumpukan salju telah mendarat dengan "manis" dihadapanku. Tak ada jalan bagiku untuk keluar dari rumah. Tertutup salju ! Langsung tertawa terbahak-bahak diriku, ambil kamera dan potret! kapan lagi ada surprise seperti ini kalau bukan hari ini. Pengalaman yang luar biasa!

Suami yang mendapat laporan dariku, tak percaya. Langsung menuju pintu depan dan shock. Menutup pintu kembali dengan wajah geli. " Benar katamu, kita terjebak dalam salju. Bakal tidak bisa keluar dari rumah. Kudu kerja keras, membuka jalan keluar. kita lewat pintu belakang saja". Langsung kujawab, " Halah sama saja, pasti buntu juga. Udah hari ini tugas kita menyekopi salju".

Suami heran aku hanya cengar cengir saja seperti tak panik. Kujawab, " Mau panik juga ngga ada gunanya. Udah kejadian juga. Toh, bukan kita saja yang mengalaminya. Yang lebih parah dari kita juga banyak. Udah beruntung juga kita masih ada rumah untuk tempat berlindung. Kita berempat juga masih sehat. Stock makanan cukup untuk 3 hari kedepan. Sekarang yang terpenting, kita harus segera menyekopi salju agar kita ada jalan buat keluar dari rumah"
.
Displaying DSC_2336.JPG

























sumber: dokumentasi pribadi.

Kokiers, Tokyo dan kota-kota disekitarnya mengalami badai yang cukup parah. Saitama yang merupakan salah satu tetangga Tokyo pun terkena imbasnya.  Beberapa wilayah Saitama terkena badai salju parah, salah satunya kota dimana saya tinggal. Ketinggian salju mencapai 80-98 cm. Walaupun begitu tetap saja rekor ketinggian salju untuk badai salju minggu ini di pegang oleh perfektur Yamanashi. Kota Kofu mengalami badai salju yang parah. Rekor tertinggi 114 cm. korban berjatuhan cukup banyak. Banyak atap rumah yang roboh karena tak kuat menahan beban salju yang mencapai puluhan cm.

Displaying DSC_2340.JPG


























sumber: Dokumentasi pribadi

Akhir kata, dibalik badai salju ada banyak hikmah yang bisa saya dapatkan. Di beri kesempatan menyaksikan "kolam salju raksasa " di depan rumah. Badai salju memberi saya kesempatan menulis artikel dan naskah buku berikutnya. Badai salju juga memberi saya kesempatan untuk merasakan hidup layaknya di Hokkaido, salah satu perfektur di Jepang yang paling dingin dan sering hujan salju. Salut saya untuk mereka! Badai salju juga memberi kesempatan kami sekeluarga untuk semakin menghargai waktu bersama keluarga. Badai salju juga mengajarkan kebersamaan karena para bapak di RT ini bergotong royong untuk membersihkan tumpukan salju di jalan. Badai salju juga memberi saya kesempatan untuk menyekopi salju sehingga menyadarkan saya bahwa sekop, benda kecil ini begitu berharga saat musim dingin. Badai salju juga mengajarkan saya bahwa kolam salju pun bisa memberi kesenangan bagi kami, bisa belajar "renang" di kolam salju. Ternyata renangnya tak mudah, tak maju-maju juga, hanya bergerak di tempat.  Terimakasih untuk semuanya ! Badai salju tetap patut di syukuri walaupun merepotkan.

Kokiers, silahkan menikmati foto indahnya salju, dan kolam salju depan rumah kami. Indah dan tak terlupakan !

salam,
Hani Yamashita

Ps: ditayangkan juga di,
http://kolomkita.viva.co.id/baca/artikel/31/4177/kolam_salju_2014



0 件のコメント:

コメントを投稿